5.12.08

UJIAN SEMESTER

Buat apa sih ada ujian segala?
Jawabannya bisa bermacam-macam, tergantung dari sudut pandang yang dipakai.
Alternatif pertama, ujian dibuat supaya ada data mentah untuk menilai rapot siswa. Biasanya nilai rapot diperoleh dari penjumlahan nilai harian dan nilai ujian semester. Nilai harian bisa berupa nilai ulangan harian saja, atau ditambah dengan nilai PR dan partisipasi dalam kelas. Kadang-kadang diterapkan persentase tertentu untuk nilai harian dan nilai ujian semester.
Alternatif kedua, ujian semester dibuat supaya ada pekerjaan tambahan yang mendatangkan nilai uang tertentu. Inilah yang dinamakan proyek. Ujian dibuat supaya ada tambahan pendapatan entah dari uang pengawas, koreksi bahkan uang sisa foto copyan soal.
Apa alternatif ketiga? Ujian dibuat untuk mengukur kemampuan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran tertentu. Dia dianggap mampu, paham dan kompeten bila mencapai standar nilai tertentu. Ujian yang begini akan memacu siswa untuk belajar dengan serius dan disiplin. Ada target tertentu yang ingin dicapai. Di lain pihak, guru dan karyawan akan berusaha sebaik mungkin untuk mendukung siswa agar mampu menyelesaikan sejumlah jenis dan variasi soal. Bila guru, siswa apalagi didukung sepenuhnya oleh orang tua murid bersinergi niscaya akan meningkatkan kualitas belajar mengejar sekolah.
Bisa jadi ada alternatif lain. Akan tetapi,sebuah ujian hendaknya betul-betul membuka kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan peningkatan prestasi serta kepercayaan diri siswa.

Tidak ada komentar: